Cuplikan Sejarah Singkat Kehidupan Rasulullah (part 3)

Dari Awal Mula di Madinah Sampai dengan Perang Uhud

Tahun 1 Hijriyah

Pembangunan Masjid Nabawi, Persaudaraan Sesama Muslim, dan Piagam Madinah

Hijrahya Rasulullah menjadi tanda bagi berdirinya Dar al-Islam pertama di muka bumi. Di samping itu, hijrah juga menjadi maklumat bagi umat manusia bahwa Daulah Islamiyah telah berdiri di bawah kepemimpinan langsung baginda Rasulullah SAW.

Pertama-tama yang dilakukan oleh Nabi adalah meletakkan dasar-dasar paling utama bagi negara baru tersebut. Dasar-dasar itu adalah :

Pertama, pembangunan masjid Nabawi, pembangunan diadakan sebagai poros spiritual Islam yang mengejewantah dalam posisi masjid. Masjid Nabawi dipergunakan tidak hanya sebagi tempat shalat tetapi untuk segala hal yang berkaitan dengan masalah umat Islam ketika itu.

Kedua, persaudaraan antara kaum Muhajirin dan Anshar. Demi terciptanya ukhwah Islamiah yang solid pertama-tama harus ditumbuhkan perasaan kasing sayang dan ketulusan sebagai satu kesatuan keluarga Islam.

Ketiga, piagam Madinah dibuat sebagai undang-undang yang mengatur kehidupan Muslim dan Non-Muslm di Madinah, khususnya dengan kelompok Yahudi. Piagam inilah yang dijadikan Rasulullah SAW sebagai pedoman etik dan moral bagi umat Islam di tengah masyarakat mereka yang baru.

Tahun 2 Hijriyah (Ramadhan)

Perang Badar al-Qubra

Pertempuran ini sebenarnya tidaklah diniatkan untuk berperang melainkan untuk merebut kafilah dagang Quraisy. Raulullah SAW mengirmkan sejumlah pasukan untuk merampas barang perniagaan yang dibawa kafilah itu sebagai ganti dari harta benda umat muslim yang mereka tinggalkan di Makkah. Namun, rencana itu diketahui oleh Abu Sufyan yang berada di tengah kafilah tersebut, lalu ia mengirim Dharddam bin Amr ke Makkah untuk menyampaikan berita tersebut dan meminta bantuan pasukan untuk menjaga barang perniagaan mereka yang masih dalam perjalanan.

Setelah terkumpul sekitar seribu pasukan, sebetulnya Abu Sufyan meminta agar seluruh pasukan mundur dan ditarik ke Makkah, namun ide itu ditolak mentah-mentah oleh Abu Jahal karena ia berniat untuk menyerang pasukan Muslim.

Singkatnya, pertempuran tidak terelakan lagi. Atas usulan Habab ra, pasukan Muslim ditempatkan di dekat sumur air yang bernama Badr agar pasukan memilki banyak persediaan air. Ketika itu, pasukan muslim sebanyak 314 orang melawan seribu arang pasukan Quraisy.

Tanggal 17 ramadhan, akhirnya pertempuran dimulai. Dengan usaha tak kenal menyerah dan dari pasukan Muslim, berkat doa Nabi, dan pertolongan Allah akhirnya kemenangan ada di tangan kaum Muslim. Dalam perang ini sebanyak tujuh puluh pembesar Quraisy tewas dan tujuh puluh lainnya berhasil ditawan. Jumlah pasukan Muslim yang syahid berjumlah empat belas orang. Dengan kemenangan ini, rasa percaya diri umat Muslim semakin meningkat. Sedangkan pasukan kafir sangat terpukul dengan kekalahannya, mereka mulai memperhitungkan kekuatan Nabi Muhammad SW dan para pengikutnya dan bersiap membalas dendam di pertempuran berikutnya.

Kisaran Tahun 2-3 Hijriyah

Pengkhianatan Bani Qainuqa

Melihat kemenangan Muslim di Badar, kaum Yahudi mulai was-was dan menampakkan ketidaksukannya dengan pihak Muslim. inilah kali pertamanya pengkhianatan kaum yahudi dimulai dengan sebab, seorang Yahudi yang bekerja sebagai pandai besi mengganggu perempuan Muslimah, dengan caranya yang licik ia membuat Mulimah tersebut malu bukan main karena auratnya terlihat. Melihat kejadian itu seorang Muslim datang dan langsung membunuh pandai besi tersebut. Namun, orang-orang yahudi lainnya mengkroyok pemuda muslim tadi sampai ia tewas.

Mendengar perihal tersebut, Nabi langsung mengumumkan pengusiran bagi Yahudi bani Qainuqa tersebut karena telah melanggar perjanjian yang telah disepakati. Umat islam mengepung Bani Qianuqa dan akhirnya Bani Qainuqa dapat ditaklukan. Sekitar sebanyak tujuh ratus orang dikeluarkan dari Madinah. Setelah diusir mereka menuju Syam sebagai tempat tinggal barunya.

Tahun 3 Hijriyah (7 Syawwal)

Perang Uhud

Perang ini dipicu karena beberapa tokoh Quraisy ingin membalaskan dendam para sahabat dan keluarganya yang terbunuh dalam peperangan Badar. Seluruh kekuatan Quraisy digalang bahkan ditambah dengan dengan pihak non-Quraisy yang disebut al-Habasyi. Seluruh kekuatan musuh ketika itu mencapai tiga ribu pasukan.

Mendengar rencana pihak musuh, Nabi Muhammad SAW segera menghimpun kekuatan umat Muslim. Sebanyak seribu orang berhasil dikerahkan untuk bertempur. Namun, gembong munafik, Abdullah bin Ubay bin Salul bersama para munafik lainnya melakukan pembelotan sehingga sekitar sepertiga pasukan Muslim berkurang karena pengkhianatan tersebut.

Setelah peperangan meletus, pada awalnya pasukan Muslim berada di atas angin. Namun, karena pasukan pemanah tidak melaksanakan titah Rasulullah untuk tidak meninggalkan posnya, mereka mereka tergiur akan harta rampasan perang yng ditinggalkan pihak lawan akhirnya mereka turun-hanya beberapa yang tetap di posnya- untuk mengambil harta tersebut. Melihat kesempatan itu, pasukan musyrik yang dipimpin oleh Khalid bin Walin-ketika itu ia masih kafir- mengambil alih pos pasukan pemanah Muslim dan menyerang melalui atas. Ketika itu maka pasukan Muslim terdesak di tengah peperangan sampai-sampai Nabi pun terluka sampai mengucurkan darah.

Dalam perang ini juga Nabi begitu terpukul karena melihat banyak sahabatnya yang gugur, sebagian adalah sahabat besar Nabi seperti, Hamzah bin Abdul Muthallib, Muhab bin Umair, al-Yaman, Anad bin Nadhr, dan sejumlah sahabat lainnya. Hal yang paling menyakitkan adalah gugurnya Hamzah di tangan Wahsyi. Terlebih mayat pamannya itu diperlakukan begitu keji oleh Hindun, istri dari Abu Sufyan.

Pasukan Muslim dapat dibilang mendapatkan kekalahan dalam perang ini. Peperangan sebetulnya ingin dilanjutkan oleh Nabi dan pasukan Muslim yang tersisa namun tidak terjadi karena pihak musuh yang melihat kegigihan umat Muslim dilanda perasaan takut dan akhirnya kafir Quraisy kembali ke Makkah.  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s