Cuplikan Sejarah Singkat Kehidupan Rasulullah (part 8)

Dari Perang Hunain sampai Penyebaran Utusan

Tahun 8 Hijriyah

Perang Hunain (Syawwal)

Rasa iri dan dengki dari kabilah Hawazin dan Tsaqif karena Fathu Makkah menjadikan mereka berniat untuk menyerang Nabi Muhammad. Mengetahui rencana musuh, Rasulullah berangkat bersama 12.000 pasukan Muslim, yang terdiri dari 10.000 penduduk Madinah dan 2000 penduduk Makkah

Sebelum peperangan dimulai, Rasulullah bersabda “Barangsiapa yang membunuh seorang kafir dan memiliki bukti akan itu, maka harta (salb) si terbunuh akan menjadi miliknya” (Muttafaq alaihi).

Pada pertempuran kali ini pihak Muslim merasa angkuh dengan tentaranya yang begitu banyak namun ternyata pada pertempuran awal, pihal musuh berhasil mengejutkan pihak Muslim dengan serangan mendadaknya. Karena mendapat serangan tidak terduga, pasukan Muslim menjadi kocar-kacir, banyak di antara mereka lari dari peperangan demi menyelamatkan diri. Namun, dengan keberanian dan kepiawaiannya, Rasulullah berhasil menghimpun kembali kekuatan dan berkat rahmat Allah, umat Islam berhasil memenangkan pertempuran ini dan mendapatkan harta rampasan perang yang melimpah.

Rasulullah melakukan pengepungan selama lebih dari 20 hari, lalu pulang ke Madinah dan kabilah Tsaqif tak lama setelah perang itu menyatakan ke-Islamannya

Pada perang ini dijadikan hujjah bolehnya melibatkan Non-Muslim unutk membantu Muslim dalam berperang atau dalam persediaan senjata sebagaimana Rasulullah meminta Shafwah untuk menjual peralatan perangnya kepada Nabi

Di sini juga terlihat jelas keberanian Nabi Muhammad dalam berperang karena walaupun pasukan Muslim sudah dalam keadaan terdesak tetapi beliau tak sedikpun mundur dari medan perang malah menyemangati kaum Muslimin untuk bertempur kembali.

Ketika pembagian ghanimah kaum Anshar tidak diberikan karena menurut rasulullah ghanimah itu lebih baik untuk orang-orang yang baru masuk Islam sebagai penguat hatinya kepada Islam. kaum Anshar sempat kecewa dengan keputusan Nabi tetapi ketika telah dijelaskan bahwa Nabi begitu mencintai mereka maka mereka pun ridha sehingga kekecewaan mereka langsung sirna.

Tahun 9 Hijriyah

Peperangan Tabuk (Rajab)

Pasukan Romawi ingin membalas kekalahan mereka di Mu’tah membangun kekuatan yang terdiri dari puak Lakhm dan Jadzam sera seluruh sekutu mereka dari pihak Nasrani.

Saat itu keadaan sedang kemarau sehingga perjalanan perang kali ini terasa cukup berat dan Abdullah bin Ubay bin Salul beserta para pengikutnya tidak malu-malu untuk menghindar dari pertempuran dan untuk menetap di Madinah

Pada perang inilah Utsman bin Affan menyumbangkan begitu banyak hartanya. Sebanyak tiga ratus unta ekor unta dan seribu dinar uang tunai beliau sumbangkan, ketika itu Nabi bersabda “Setelah hari ini, apa yang dilakukan Utsman tidak akan membuatnya melarat”

Pada perang ini juga Abu Bakar menyumbangkan seluruh hartanya dan Umar bin Khattab menyumbangkan separuh hartanya, Umar berkata “Aku memang tidak dapat mengalahkan Abu Bakar untuk selamanya”

Nabi berperang dengan pasukan Muslim sebanyak tiga puluh ribu dan ada pula yang tidak ikut berperang seperti Kaab bin Malik, Mararah bin Abi Rabi, Hilal bin Umayah, dan Abu Khaitsamah dan hanya Abu Khaitsamah yang dapat menyusul Nabi Muhammad SAW ke Tabuk.

ketika Nabi sampai di Tabuk sayangnya mereka tidak mendapatkan apa-apa, ternyata pasukan musuh sudah lari dari peperangan dan tak lama,datanglah Yohana, penguasa dari Ailah yang menyatakan siap membayar jizyah juga datang penduduk Jarba dan Adzrah menyatakan akan membayar jizyah.

Soal mereka yang tidak ikut berperang, ketiga orang ini ternyata menyesali perbuatannya. Sebelum turun pernyataan penerimaan taubat dari Allah, kehidupan mereka bertiga begitu berat karena mereka bertiga dikucilkan sampai-sampai tidak ada yang boleh berbica dengan mereka. Akhirnya, Allah menerima taubatnya dengan menurunkan Firman-Nya surat at-Taubah ayat 117-119 yang menyatakan penerimaan taubat mereka bertiga. Mendengar kabar itu mereka begitu senang juga umat Muslim yang lain pun sangat bergembira karena sekarang mereka sudah dapat bergabung kembali dengan para Muslimin.

Abu Bakar Memimpin Haji

Nabi Muhammad SAW tidak ikut dalam haji ini karena pada saat itu orang musyrik tawaf dalam keadaan telanjang maka Nabi Muhammad mengutus Abu Bakar dan Ali bin Abi Thalib. saat itu Abu Bakar didampingi oleh tiga ratus penduduk Madinah ditugasi menyeru mereka agar menghentikan perbuatannya juga memerintahkan mereka untuk masuk Islam. Mereka diberi tenggat waktu 4 bulan jika tidak mereka akan diperangi.

Penghancuran Masjid Dhirar

Masjid Dhirar merupakan masjid yang dibangun oleh para munafik. Bangunan itu dibangun atas landasan kekufuran dan bertujuan untuk mengatur strategi lawan dan untuk memecah belah kekuatan pasukan Muslim.

Keislaman Suku Tsaqif dan Berdatangannya Utusan Bangsa Arab

Karena mereka sepakat bahwa orang Arab sudah tak mampu lagi mengalahkan Rasulullah dan pasukan Muslim maka merekapun berbaiat kepada Islam. Karena kedudukan Islam yang sudah begitu kuat, seluruh kabilah di semenanjung Arab berdatangan dari segala penjuru untuk memeluk Islam.

Di sini terdapat hujjah yang melandasi bolehnya menyambut kedatangan Non-Muslim di masjid jika adanya kemungkinan mereka akan memeluk Islam.

Pada fase ini juga, seorang tokoh di kaumnya yaitu Adi bin Hatim berbaiat untuk memeluk Islam.

Penyebaran Utusan

Karena semakin meluasnya daerah Islam maka Rasulullah SAW memerintahkan beberapa sahabatnya untuk mengajarkan syariat Islam pada penduduk jazirah Arab, khusunya bagian selatan Arab. Seperti Najran dan Yaman. Nabi mengutus Khalid bin Walid ke Najran agar menyeru penduduk Najran untuk masuk Islam. Nabi juga mengutus Muadz bin Jabbal dan Abu Musa al-Asyari ke Yaman untuk mengajarkan Islam pada penduduk setempat.

Di sini Rasulullah SAW menyampaikan kepada Muadz bahwa setelah ini dia tak akan berjumpa lagi dengan Nabi (HR. Ahmad) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s