Pendahuluan (Kisah Para Sahabat Rasulullah SAW)

Assalamualaikum Wr. Wb

Segala puji bagi Allah, Tuhan yang disucikan oleh semua Nabi, diagungkan oleh semua wali, dan disembah oleh segenap makhluk-Nya, dari tingkat nabati sampai tingkat manusia kecuali mereka yang tersesat. Dialah yang telah memberikan sosok pelindung bagi Nabi Muhammad, para sahabatnya mulia dan luhur sehingga dakwah Rasulullah SAW terus terjaga dan langgeng sampai sekarang.

Shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, pimpinan para Rasul yang di dalam dirinya terkumpul segala kebaikan, seorang jendral dalam medan perang, jenius dalam dakwah, imam sekaligus guru bagi para sahabatnya, dan suri tauladan bagi kita umatnya.

Kisah para sahabat Nabi yang dipaparkan dan akan anda baca ini seluruh isinya terambil dari buku yang berjudul, “60 Karakteristik Sahabat Rasulullah” sebuah buku terjemahan yang berjudul ’Rijal Hawlar-Rasul” karya dari Khalid Muhammad Khalid. Buku ini merupakan salah satu buku terbaik dalam memaparkan sejarah singkat kehidupan para Sahabat Rasul. Segala karakteristik mengagumkan, seperti kejujuran, keikhlasan, keberanian, kesetiaan, ibadah dan sifat-sifat mulia lainnya dari para sahabat Nabi digambarkan dengan begitu indah sehingga kita para pembaca akan mengetahui secara jelas bagaimana Rasul dalam dakwahnya dikelilingi oleh orang-orang pilihan, para manusia emas yang sepertinya tidak akan terlahir kembali dalam sejarah umat manusia.

Dengan melihat bagaimana sepak terjang para generasi pertama ini, semoga pengetahuan kita terhadap sejarah Islam menjadi lebih dalam dan komprehensif. Semoga nilai-nilai luhur yang melekat pada sifat maupun aksi mereka dapat menjadi contoh terpuji bagi kita. Semoga semangat ke-Islaman yang memancar dari jiwa mereka dapat menjadi pembangkit gairah semangat ke-Islaman kita yang semakin lama semakin redup. aminn

Terakhir, dalam buku ini memang tidak diceritakan seputar empat sahabat terbesar Nabi, (Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali) karena sepertinya penulis aslinya ingin menceritakan mereka dalam satu buku yang lebih mendetail. Saya di sini hanya meng-copas dari keseluruhan isi buku jadi tidak ada usaha lebih dalam isi tulisan ini. Ini murni tulisan dari penulis sesungguhnya. Jika para pembaca menemukan sesuatu yang kiranya tidak terdapat dalam buku aslinya itu berarti murni kesalahan dan keteledoran saya. Kritik konstruktif dan nasihat juga tegur sapa dari kalian akan sangat saya terima dan memang saya butuhkan. Selamat membaca, semoga semua ini bermanfaat. Aminn

Waalaikumsalam. Wr. Wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s