Hikmah Pernikahan Rasulullah (Part 3-Bukti kesetiaan Nabi kepada Khadijah)

Kesetiaan Nabi Muhammad

Setelah secara singkat kita melihat nilai yang terkandung dalam pernikahan-pernikahan Rasulullah saw. Saya mau mengakhiri tulisan ini dengan menggambarkan kesetiaan hakiki yang ada pada diri Nabi. Inilah sedikit paparannya…

Beliau tidak pernah menikah dengan satu pun wanita selama istrinya yang paling dicintai-Khadijah-masih hidup. Bagaimana Rasulullah tidak dikatakan sangat setia, beliau menikah dengan Khadijah dengan umur yang terlampau sekitar 15 tahun lebih tua Khadijah. Apakah yang membuat seorang bujangan, dengan rupa yang menawan, akhlak yang terpuji, terkenal seantero Makkah malah menikah dengan janda 2 kali jika bukan karena cinta yang sejati? Apakah Muhammad muda tidak mampu mendapatkan perempuan gadis dan menawan? Pasti bisa! Tetapi cinta memang tidak menghendaki alternatif, walau tua, walau janda cinta tetaplah cinta.

Sekarang lihat, apakah bisa dibenarkan jika Nabi menikahi banyak perempuan hanya untuk memuaskan nafsunya? Logika apapun tidak akan menyetujuinya! Jangankan ketika umur Nabi menua, Muhammad pada usia dua puluhan, di mana kondisi badan masih sangat bugar, raga yang masih kuat, dan hasrat birahi sedang dalam kondisi puncak, tapi itu semua tidak membuat Muhammad muda melirik perempuan lain. Beliau sangat setia kepada Khadijah, andai bukan karena desakan dakwah barangkali ia menginginkan hidup menduda, dengan kenangan bersama Khadijah sebagai temannya.

Bacalah ini, tanda kesetiaan Nabi dengan Khadijah, istri pertama yang paling dicintainya:

Inilah kondisi Nabi saw. Empat belas tahun sesudah kematian Khadijah. Yaitu, saat Fathu Makkah. Hari itu Nabi sangat sibuk. Setiap orang ingin berbicara dengan Nabi. Di antara mereka ada yang ingin Nabi mintakan ampun untuknya. Ada juga yang ingin bertanya tentang beberapa persoalan. Namun, tiba-tiba beliau melihat seorang wanita tua yang sudah lanjut usia. Beliau meninggalkan semua orang dan duduk bersama wanita tersebut. Beliau lepaskan jubah beliau, lalu dihamparkan untuknya. Beliau mendudukkan wanita tersebut di atas jubah itu. Kemudian beliau duduk dan berbicara dengannya. Saat pembicaraan berlangsung ada seseorang yang terus mengawasi mengawasi mereka. tahukan engkau siapa dia? Ia adalah Aisyah. Ketika Nabi selesai berbicara dengan wanita tadi, Aisyah bertanya pada Nabi “Siapa wanita itu wahai Rasulullah? Beliau menjawab, “Ia adalah sahabat Khadijah. Dulu, di saat Khadijah masih ada, ia sering mendatangi kami.” Aisyah kembali bertanya “Apa yang kalian bicarakan?” beliau menjawab, “Kami mengingat saat-saat indah bersama Khadijah.” Mendengar hal itu Aisyah langsung terbakar cemburu. Ia berkata, “Engkau masih mengingat wanita tersebut padahal ia sudah dikubur di dalam tanah dan Allah pun telah menggantikan untukmu orang yang lebih baik daripada dirinya!.” Menengar itu, Nabi saw dengan nada agak marah menegaskan, “tidak!, Demi Allah, Allah tidak menggantikannya dengan seorang wanitapun yang lebih baik darinya. Ia telah beriman kepadaku tatkala orang-orang kafir kepadaku, ia telah membenarkan aku tatkala orang-orang mendustakan aku, ia telah membantuku dengan hartanya tatkala orang-orang menahan hartanya tidak membantuku, dan Allah telah menganugerahkan darinya anak-anak tatkala Allah tidak menganugerahkan kepadaku anak-anak dari wanita-wanita yang lain” (HR Ahmad)

Bacalah sekali lagi lalu renungkanlah dengan hati yang jernih, pasti anda akan melihat sosok kesetiaan terbesar yang ada pada diri Rasulullah Saw.

Yaa Allah jadikanlah kami sebagai hamba-Mu yang mencintai Nabi-Mu dengan cinta yang hakiki. Mampu menjalankan sunnahnya dan dipertemukan dengannya di hari nanti. aminn

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s