Mulailah dengan Basmallah

Inilah bacaan singkat yang sarat dengan kebajikan, bacaan yang menjadikan pembacanya dinaungi keberkahan, dan bacaan  yang membuat pekerjaan menjadi lebih ringan. Basmallah laksana eliksir misteruis yang mengubah amalan biasa menjadi amalan bernilai di mata Allah, karena dengannya seseorang menyatakan bahwa amalnya dikerjakan atas nama Allah, untuk Allah, dan demi Allah.

Dengan basmallah seseorang akan terjaga dari niatan-niatan buruk, terhindar dari rayuan nafsu jahat, dan terjaga dari bisikan syaithan yang lemah. Basmallah mengaitkan kita yang lemah dengan Dia Yang Kuat, kita yang miskin dengan Dia Yang Pemurah, kita yang tak berdaya dengan Dia Yang Maha Penolong, kita yang bodoh dengan Dia Yang Maha Tahu, kita yang lalai dengan Dia Yang Maha Teliti, kita yang membutuhkan dengan Dia Yang Mencukupi.

Jika kita hendak menuntut ilmu, bacalah Basmallah. Maka pintu hati menjadi lebih mudah terbuka, pikiran menjadi tercerahkan, cahaya ilmu akan meresap cepat, dan para malaikat akan menaungi kita oleh sayapnya. Jika kita akan membaca maka mulailah dengan Basmallah, maka bacaan itu akan menjadi ilmu yang bermanfaat, tertanam di sanubari, dan bermanfaat bagi diri. Jika kita ingin makan atau minum maka bacalah Basmalah, pastilah kita akan merasakan manisnya rasa syukur kepada Allah karena makanan yang kita makan dan minuman yang melepas dahaga kita, syaitan pun tak dapat berpartisipasi dalam mencicipi itu semua.

Jika kita hendak mengendarai atau menaiki kendaraan, bacalah Basmallah niscaya kebaikan akan mengiringi kita dalam perjalanan dan Allah akan menjaga kita dari keburukan dan marabahaya orang-orang jahat. Jika kita hendak tidur, bacalah Basmallah semoga tidur kita menjadi berkualitas, tidur kita diselimuti penjagaan dari malaikat dan dipenuhi dengan kebaikan. Jika kita akan mengerjakan ujian, bacalah Basmallah, niscaya dia akan meneguhkan hati kita, menambah kepercayaan diri kita, terutama dengan Basmallah akan membuat kita selalu bertawakkal dan bergantung kepada Allah.

Intinya, bacalah Basmalah setiap kita melakukan sesuatu, baik itu kecil maupun besar,baik itu hal remeh maupun hal penting, baik itu hal yang ringan maupun berat, baik itu pekerjaan yang mubah maupun yang wajib.

Tidak akan sama seseorang yang beraktivitas dengan basmallah dan tanpa basmallah. Dengan basmallah seakan seseorang sudah menandatangani perjanjian bahwa apa yang akan dilakukannya pastilah hal yang baik dan bermanfaat. Tanpa basmallah, seseorang dapat melenceng atau tergelincir di tengah-tengah pekerjaannya, entah menjadi malas, khianat, berbohong, dan semacamnya. Basmallah sangat efektif untuk mengawali aktivitas karena di dalamnya terkandung kemuliaan dan penjagaan Tuhan.

Dia yang melakukan tanpa Basmallah dengan yang membaca Basmallah laksana perbadingan dua permata yang mempunyai kualitas dan kadar yang sama tetapi mereka yang membaca Basmallah laksana permata yang sudah digosok sehingga kilaunya memancar dan keindahannya muncul sehingga menarik untuk dipandang mata.

  

One thought on “Mulailah dengan Basmallah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s