Murid yang Baik

Seorang pencari ilmu haruslah memiliki tekad yang besar, keinginan yang kuat , dan semangat yang menggelora. Rasa hausnya akan ilmu menjadikan ia tidak cepat puas dengan ilmu yang diperolehnya. Gairahnya dalam menggali ilmu menjadikan pemahaman mereka begitu luas. Rasa cintanya dengan ilmu menjadikan pengetahuannya begitu dalam. Usahanya menuntut ilmu terus akan membuat dirinya berkembang, menambah keahliannya dan menumbuhkan kebijaksanaan. Setelah mendapat satu pengetahuan maka ia rindu dengan pengetahuan-pengetahuan yang selanjutnya, itu karena dia yain bahwa ilmu tidak ada batasnya.

Salah satu keutamaan ilmu adalah dia memberikan pengetahuan bagi kita bahwa kita ini masih bodoh. Semakin seseorang bertambah ilmunya maka semakin tambah kesadarannya bahwa ilmunya masih sedikit dan ketidaktahuannya masih menggunung. Maka itu, hanya orang jahil yang merasa dirinya sudah banyak memilki ilmu. Saya menekankan pada diri dan kita semua, janganlah berhenti atau bosan dalam mencari ilmu, dia bisa ditemukan dimanapun, dalam secarik kertas, ujaran lisan, pergaulan masyarakat, buah pikiran dan lain-lain. Karena bisa jadi satu ilmu yang kita pelajari ituah yang membuat kita sukses di dunia dan  selamat di akhirat.

Dikatakan juga, pencari ilmu yang baik harus memilki kesabaran yang tinggi, harus siap dan tetap istiqomah dalam keadaan apapun. Dia tidak boleh mengeluh atas kondisinya yang susah, keuangan yang minim, usahanya dalam membaca buku tidak boleh tersendat hanya karena hatinya sedang gelisah atau pikirannya yang sedang gundah. Karena sering kali, satu atau dua kata yang kita baca memberikan pengaruh positif sehingga bisa mengembalikan lagi rasa optimis dan kecerian pada diri kita. Dengan kata lain, seorang murid sejati itu harus selalu dalam satu keadaan, yaitu setia kepada bukunya, mengulang-ulang pelajarannya, menghafal dan menghayati esensinya, dan mengembangkan bakat-bakatnya. Jiwa yang enggan menurut karena bisikan setan dan hawa nafsu harus cepat-cepat dibujuk dan dirayu sehingga semangat kembali berkobar.

Dikatakan juga bahwa sifat terbaik dari mereka para ahli ilmu adalah ketidaksilauannya mereka dengan dunia. Mereka puas dengan yang dimiliki walau sedikit dan berlaku hemat dengan apa yang didapatkannya sehari-hari. Ilmu yang mereka punya seakan mengingatkan bahwa kerakusan jiwa tidak ada batasnya, gila terhadap materi adalah bentuk kehinaan, dan bersikap boros adalah perlawanan dari rasa syukur kepada Allah. Dengan ilmunya, mereka menjadi tenang, mereka bermanfaat bagi khalayak ramai, mereka sigap dalam menyiapakan bekalnya di akhirat. Ilmunya memberikan pengaruh bahwa dia harus meninggalkan hal yang bersifat berlebih-lebihan, hidup sederhana, dan puas dengan apa yang dianugrahkan Allah kepadanya. Itulah ciri khas mereka yang mengikuti jalur orang-orang shaleh dan ‘alim.

Yaa Allah jadikanlah kami sebagai pencari ilmu yang sejati dan muliakan kami dengan kemuliaan ilmu-Mu. aminn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s